Obat Susah Tidur Cara Islami



Ilustrasi: Medscape
Susah tidur (insomnia) itu memang menjengkelakan. Terlebih, bagi yang benar-benar ingin memulihkan rasa lelah di malam hari, karena habis bekerja keras di siang hari, dan mengumpulkan kembali energi untuk aktivitas hari berikutnya. Sedangkan, tubuh manusia dibutuhkan tidur (beristirahat) sekitar 8 jam. Jika tidak terpenuhi hal tersebut, akan mudah lelah pada saat beraktivitas nanti. Tubuh serasa mudah lelah. Pikiran kurang fokus. Pekerjaan menjadi kacau.

Kenapa manusia dibutuhkan tidur? Sudah siklus alami. Setiap spesies memilik waktu tertentu kapan harus aktif dan kapan harus pasif. Manusia lebih umum aktif ketika siang hari. Pasif ketika malam hari. Manusia ketika aktif akan banyak energi yang dikeluarkan. Sebab itulah, malam hari sangat dibutuhkan tidur (pasif) untuk memperbaiki kembali sel rusak (sintesis hormon, produksi hormon, sel otot) dan mengumpulkan energi.

Insomnia adalah penyakit yang ringan tapi bisa membahayakan. Kurang tidur bisa bikin badan tidak sehat. Tubuh kurang beristirahat, tubuh manusia bisa menjadi lemah. Terlebih ketika dipaksakan berkegiatan di siang hari dalam keadaan tubuh tidak siap, bisa mengakibatkan semuanya fatal. Bisa fatal kesehatan. Bisa fatal rezeki.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan dan stamina. Agar tidak susah tidur, kita harus menanganinya dengan beberap tips berikut:
1. Sebelum tidur, disarankan mengambil wudhu. Ambil wudhu sebelum tidur, selain mendapatkan pahala, hati lebih tenang dan pikiran lebih fresh.
2. Berdoa sebelum tidur: Membaca bismillah 21 kali, lalu baca Fatihah, surat Al-Iklhas, surat Al-Falaq, Annas, lalu membaca “Bismikallahumma ahyaa wa amuutu”. Tujuannya, agar terjaga dari musibah waktu tidur (gangguan dari makhluk nyata ataupun yang gaib)
3. Diusahakan berzikir atau bersalawat. Karena, berdzikir atau bersalawat dapat mengusir pikiran kacau dan hati menjadi tenang. Atau, membaca buku-artikel sampai mengantuk berat datang. Karena, membaca buku atau artikel dapat mengalihkan pikiran yang meresahkan.
4. Berusaha membuang pikiran yang membut hati gelisah. Hati gelisah akan menghilangkan rasa nyaman di atas ranjang.
5. Jangan membawa pekerjaan yang belum selesai ke tempat tidur. Jika pekerjaan itu dibiarkan terus terpikirkan, sampai pagi pun tidak akan pernah selesai.
6. Jangan paksa tidur (pejamkan mata) jika tidak bisa terlelap. Dibiarkan mata terbuka sambil membuat badan serileks mungkin sampai mata memejam sendiri. Kalau dipaksa, justru tingkat emosi dan stres lebih meningkat. Akibatnya, rasa kantuk semakin hilang.

Demikian tips agar tidak susah tidur. Semoga bermanfaat.




Terima Kasih Telah Berkunjung
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Obat Susah Tidur Cara Islami ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda

0 Response to "Obat Susah Tidur Cara Islami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel