Keajaiban Daun Bidara

Foto by Arief
Beberapa waktu lalu, mimin mengupas keajaiban daun kelor. Ada loh, yang tak kalah ajaib dari daun tersebut. Wah, seru banget nih. Mau tahu? Lanjut...!

Daun Bidara

Pohon bidara adalah pohon perdu yang mempunyai batang setinggi 5 m sampai 15 m. Biasanya, hidup di iklim tropis. Lebih bertahan tumbuh di tempat kering. Daunnya agak bulat dengan cabang ranting berduri-duri. Berbuah bulat sebesar bulat kuku jari sampai jempol. Jika buah sudah masak, bisa dimakan. Rasanya agak asam, pahit dan manis. Jika belum matang, rasanya pahit bergetah. Bijinya kasar dan keras seperti batu. Kalau orang kampung, biasanya tahu loh. Apalagi merasakan buahnya. Iya kan? Mimin juga pernah kok. Hehehe ….

Tanaman ini dikenal pula dengan pelbagai nama daerah seperti widara (Sunda) atau dipendekkanmenjadi dara (Jawa); bukol (Madura); bÄ•kul (Bali); ko (Sawu); kok (Rote); kom, kon (Timor); bÄ•dara (Alor); bidara (Makasar/Bugis); rangga (Bima); serta kalangga (Sumba).
Sebutan di negara-negara lain di antaranya: bidara, jujub, epal siam (Mal); manzanitas (Filipina) zee pen (Burma); putrea (Kamboja); than (Laos); phutsaa, ma tan (Thailand); tao, tao nhuc (Vietnam). Dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai JujubeIndian JujubeIndian plum, atau Chinese Apple; serta Jujubier dalam Bahasa Prancis.1

Dalam Al-Quran, daun bidara disebut “Sidr”, yang artinya bidara.
“Kami ganti kedua kebun merek dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Asl dan sedikit dari pohon sidr (bidara)” (Q.S. As-Saba: 16)
“Berada di antara pohon Sidr (bidara) yang tak berduri.” (Q.S. Al-Waqiah)

Begitu pun dalam hadis:
Dari Aisyah, bahwa Asma' RA pernah bertanya kepada SAW tentang wanita mandi haid, kemudian beliau menjawab, "Hendaknya perempuan tersebut mempersiapkan air dan duan bidara, lalu membersihkan diri sebaik-baiknya dan menuangkan air pada kepalanya …." (Muslim 1/179-180)
Tuh kan…? Mantap banget.

Keberadaan Pohon Bidara di Indonesia

Di era kemajuan ini, pohon bidara tampaknya sudah mulai menghilang dari peredarannya. Mungkin disebabkan jenis pohon tersebut kurang diminati karena rasa buahnya kurang enak. Tidak laiknya sewaktu Mimin masih anak-anak, bahwa pohon bidara sangat banyak di sekitar rumah dan ladang yang dipenuhi bebatuan. Ketika mimin pulang sekolah SD, pasti menghampiri pohon tersebut untuk mencicipi buahnya. Eh, mulai curhat nih. Hehehe ….

Satu lagi, kenapa orang-orang mulai meninggalkan pohon bidara? Karena, pohon tersebut dianggap kurang bermanfaat. Kalau tahu manfaatnya, kira-kira mau tanam tidak ya? Pasti mau banget dong. Ya, sebetulnya sih, sekalipun tidak tahu manfaatnya, tidak ada salahnya tanam pohon bidara agar tidak musnah dan menambah penghijauan di sekitar rumah.

Nah, apa saja manfaat daun bidara? Lanjut!

Manfaat Daun Bidara

Daun bidara bermanfaat untuk pengobatan tradisional.

1.         Buat mandi sehabis haid (sebagaimana uraian hadis pada paragraf barusan)

2.         Memandikan janazah
Dari Ibnu Abbas RA, dari Nabi SAW, Ibnu Abbas berkata, "ada seseorang (yang sedang berihram) jatuh dari untanya sehingga patah lehernya. Lalu, dia meninggal. Kemudian, Rasulullah SAW bersabda, 'mandikanlah dia dengan air dan daun bidara, serta kafanilah dia dengan dua kain ihramnya, dan janganlah menutup kepalanya, karena Allah akan membangkitkannya kelak pada hari kiamat dalam keadaan bertalbiyah (ihram)'." (Muslim 4/23)

3.      Diyakini mengusir jin (ruqyah). Meskipun tidak ada penjelasan di dalam Al-quran, daun bidara biasanya digunakan media mengusir jin.

Daun bidara juga bisa digunakan untuk mengusir jin. Seorang ahli tabiin menyarankan untuk menggunakan air rendaman daun bidara untuk menyembuhkan orang yang kesurupan. Caranya, adalah siram orang kesurupan dengan menggunakan air rendam dari 7 daun bidara yang sudah dibacakan Ayat Kursi, Surat Al-0Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-nas.2

4.         Menyembuhkan luka

5.         Menghilangkan depresi

6.         Mengingkatkan nafsu makan

7.         Mencegah diabetes

8.         Meningkatkan metabolisme tubuh

9.         Menyehatkan lambung

10.       Menyehatkan mulut

11.       Mencegah kanker dan tumor

12.       Mengatasi haid tak lancar

13.       Menguatkan rambut

14.       Mengatasi jerawat

15.       Menghilangkan bau saat haid

16.       Menghilangkan dahaga

17.       Mempercantik wajah

18.       Mengatasi ejakulasi dini

19.       Mengatasi demam

20.       Mengatasi radang kulit

21.       Mengatasi Ambien

22.       Menurunkan tekanan darah tinggi

23.       Mengobati bisul

24.       Menguatkan tulang

25.       Menyehatkan sel tubuh

26.       Menguatkan gigi

27.       Menyuburkan rambut

28.       Mengatasi penyakti kardiovaskuler

29.       Mengatasi insomnia

30.       Menyatkan usus

31.       Meningkatkan gairah seksual

32.       Mengatasi nyeri buang air kecil

33.       Dan lain sebagainya.

Kandungan dalam Daun Bidara

Daun bidara mengandung zat anti antioksidan yang berfungsi bisa membantu menjaga kekebalan tubuh kita, sehingga membuat kita tak mudah sakit selain itu daun bidara juga berfungsi sebagai bakteri yang dapat melawan virus penyebab dari berbagai virus, seperti HIV/AIDS, Zika, influenza, flu burung, dan berbagai virus lainnya.

Daun bidara ternyata juga ampuh untuk menjegah penyakit diabetes karena daun bidara mengandung glikemik yang cukup rendah. Daun bidar juga bisa digunakan sebagai antiseptic yang dapat mengobati luka, baik luka bakar ataupun luka setelah operasi. Selain itu, daun bidara yang masih muda sangat baik untuk merawat dan menjaga organ kewanitaan agar terhindar dari penyakit keputihan, haid tidak lancar dan beberapa penyakit kawanitaan lainnya.3  

Demikian tentang daun bidara. Semoga bermanfaat.



1.         Wikipedia





Referensi:
1.               Wikipedia
6.               Mukhtashar Shahih Muslim
7.                https://manfaat.co.id/manfaat-daun-bidara




Herbal Daun Bidara
Rp20.000/pcs
Pesan lebih dari satu, harga Rp18.500/pcs
Bagi yang berminat, silakan hubungi kami: 083134444778.





Terima Kasih Telah Berkunjung
Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Keajaiban Daun Bidara ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatian anda

0 Response to "Keajaiban Daun Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel